KEMIRI

Posted: Maret 24, 2010 in kayu komersial

Pohon kemiri atau Aleurites moluccana Wild, dapat dijumpai hampir sebagian besar Indonesia, phon ini dapat tumbuh pada ketinggian 0-800 m diatas permukaan laut. Pada lapangan yang berkonfigurasi datar sampai pada tempat-tempat bergelombang dan curam. Jenis ini dapat tumbuh pada tanah yang berpasir, maupun pada tanah-tanah podsolik yang kurang subur. Pada daerah yang beriklim kering seperti di Sulawesi Selatan, maupun pada daerah yang beriklim basah seperti di Jawa Barat pohon ini masih dapat tumbuh dengan baik.

HABITUS

Tinggi pohon sampai 35 cm, panjang batang bebas cabang 10-14 m , diameter sampai 100 cm, kulit luar berwarna kelabu, beralursedikit dan dangkal, tidak mengelupas. (Gambar pohon Kemiri)

TEMPAT TUMBUH

Kemiri tumbuh didaerah yang beriklim kering pada tanah yang agak subur, sarang dan dalam atau pada tanah berbatu pada ketinggian 0-800 dari permukaan laut dengan tipe curah hujan B-C . pada tanah liat pertumbuhannya kurang baik.

PEMBUATAN BIBIT

Kemiri mulai tumbuh pada umur 3,5 – 4 tahun. Musim berbunga untuk setiap tempat berlainan. Pada awal musim hujan kemiri berbunga. Buah yang masak dapat diperoleh setelah 3-4 bulan, akan jatuh dari masa berbunga.
Pada umumnya buah kemiri berbiji dua. Buah yang berbiji satu disebut biji jantan bentuknya bulat dan lama berkecambahnya lebih panjang dari biji betina. Biji yang diperoleh di semaikan dengan media tabur dari tanah dan pasir dengan perbandingan 1 : 2 dan campuran ini disaring dengan kawat saringan berukuran 2 mm. Kemudian campuran ini sebaiknya disterilkan dengan cara digoreng sebelum dimasukkan kedalam bak plastik dengan tujuan agar bebas dari bibit penyakit.
Biji kemiri disemai sedalam +/- 2,5 – 10 cm. Untuk mempercepat perkembangan ada beberapa cara perlakuan yang dapat dilakukan sebelum biji disemai antara lain :

  1. biji direndam dalam air dingin 15 hari, kemudian dipukul dengan palu kecil hingga biji retak. Usahakan pemukulan tidak terlalu keras, cukup asal belah sedikit.

  2. mengikir biji pada bagian yang akan keluar lembaga.

Sesudah +/- 45 hari semai siap disapih dan dilaksanakan seleksi semai dan yang harus diperhatikan pilih semai yang tegak lurus, sehat dan sehat dan ketika dilakukan pencabutan agar hati-hati agar akar tidak rusak/luka.

PENANAMAN

Lokasi tanaman dibersihkan dari tanaman penggangu dan jarak penanaman atau ajir 3 x 2 meter dan pada setiap ajir dibuat lubang tanam ukuran : 40 x 40 x 30 cm.
Penanaman dilakukan pada awal musim hujan dan pemeliharaan dilaksanakan pada tanaman berumur 0 – 1 tahun berupa penyiangan, pendangiran di sekitar lubang tanaman, serta penyulaman terhadap tanaman muda yang mati. Pada tahun pertama kegiatan pemeliharaan 3-4 kali dan tanaman muda berumur 2 tahun pemeliharaan dilakukan setiap 6 bulan.

PEMUNGUTAN HASIL

Tanaman kemiri pada umur 3,5 – 4 tahun sudah mulai berbuah dan pada umur 5 tahun produksi buah rata-rata 200 kg/pohon/tahun. Dari biji kemiri dapat diolah menjadi minyak atau lemak kemiri yang digunakan sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, coating dan industri cat.

SIFAT-SIFAT KAYU DAN KEGUNAAN

Kayu teras berwarna putih kekuning-kuningan, mudah diserang jamur biru, gubal tidak dapat dibedakan dari kayu teras. Berat jenis rata-rata 0,31, kelas kuat IV – (V) dan kelas awet V. Kayu dapat digunakan untuk plywood, peti, korek api dan barang kerajinan.

About these ads
Komentar
  1. mosquito mengatakan:

    mas, ada info bibit kemiri gak???
    harga berapa ukuran brp, varietas apa? tx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s